Apa Itu Gliserin? Adakah Manfaatnya Untuk Wajah?

gliserin, untuk, wajah, manfaat, tubuh, menyerap, air, senyawa, gula, alkohol, produk, perawatan, sensasi, hangat, vegetable, glycerin, harga, ukuran, liter, 1, dokter, saran, kering, kelembapanBotol-botol gliserin untuk kosmetik (sumber: chemicals.co.uk)

Ada banyak zat-zat yang dianggap bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah. Tidak terkecuali dengan gliserin. Apa itu gliserin? Itu adalah senyawa gula alkohol yang tidak berwarna dan kental, serta mempunyai sifat humektan atau dapat menyerap air dari lingkungan sekitar hingga 20%, oleh karena itu, gliserin banyak digunakan dalam produk-produk kosmetik baik sabun, pelembab, ataupun perawatan rambut.

Senyawa tersebut ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1779 oleh K. W. Scheele, seorang farmasi asal Swedia. Gliserin memiliki sifat menyerap air, sehingga sering dimanfaatkan untuk menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit tidak menjadi kering. Oleh karena itu, gliserin bisa digunakan sebagai perawatan kulit kering, terutama jika kondisi kulit sudah mengelupas.

Gliserin dapat ditemukan di dalam kandungan beberapa produk, contohnya saja Now Solution Vegetable Glycerine, Fresh Sugar Lycee Bath & Shower Gel, Dove Deep Moisture Body Wash, Nivea Smooth Daily Moisture Body Lotion for Dry Skin, Glysolid Skin Cream, dan lainnya.

Bukan hanya untuk tubuh, ada juga produk gliserin untuk wajah, misalnya Vegetable Glycerin Murni 100ml. Cara menggunakan produk yaitu mencampurkan dengan madu, air, atau susu. Anda juga bisa menambahkan oatmeal. Setelah tercampur, bisa langsung dioleskan pada wajah yang sudah bersih. Setelah didiamkan selama 20 menit, bilas dengan air bersih. Anda mungkin saja masih bisa menemukan produk lain yang juga mengandung gliserin.

Namun, untuk hasil yang maksimal, penggunaan gliserin sebaiknya dilakukan dengan petunjuk dokter spesialis kulit. Apalagi dilakukan tanpa adanya saran pemakaian, maka mungkin saja bisa menyebabkan iritasi kulit atau alergi (dengan kemungkinan alergi gliserin). Oleh karena itu, sebelum mulai menggunakan gliserin, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Manfaat Gliserin Untuk Wajah

Gliserin dikenal dengan fungsi menahan kadar air pada kulit untuk menjaga kelembapan, gliserin juga terbilang kandungan yang ideal dan efektif jika digunakan oleh Anda pemilik jenis kulit berminyak. Apa saja keunggulan lainnya? Berikut ada beberapa manfaat lain gliserin bagi kulit berminyak.

Berfungsi Untuk Mematangkan Sel Kulit

gliserin, untuk, wajah, manfaat, tubuh, menyerap, air, senyawa, gula, alkohol, produk, perawatan, sensasi, hangat, vegetable, glycerin, harga, ukuran, liter, 1, dokter, saran, kering, kelembapan

Ilustrasi: kulit wajah sehat setelah menggunakan perawatan gliserin (sumber: livestrong.com)

Kandungan gliserin memiliki peranan penting dalam proses pematangan sel kulit. Dengan mengaplikasikan gliserol secara topikal berbagai masalah pada kulit dapat teratasi. Seperti jerawat dan komedo, masalah umum pada kulit yang biasa dialami pemilik jenis kulit berminyak.

Selain itu, gliserin juga punya peran penting bagi mereka yang memiliki masalah eksim dan psoriasis. Gliserin akan bekerja mengarahkan sel kulit untuk lebih cepat melakukan pematangan, sehingga kulit memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri. Gliserin juga mampu mengurangi memar dan membantu jaringan kulit yang terinfeksi untuk bekerja lebih cepat dalam proses penyembuhan.

Bersifat Non-Toxic
Gliserin bersifat non-toxic dan aman digunakan pada berbagai jenis kulit serta usia. Bayi dan anak-anak yang memiliki jenis kulit sensitif sekalipun bisa tetap aman menggunakan produk dengan kandungan gliserin tanpa perlu khawatir akan adanya efek samping. Selain itu gliserin juga tergolong senyawa yang stabil dan tidak akan berubah kandungannya meskipun dicampur dengan produk lain.

Bagi pemilik kulit berminyak yang rentan mengalami masalah, tentu sifat gliserin yang satu ini bisa membuat Anda terhindar dari rasa khawatir reaksi peradangan atau breakout pada kulit.

Memperbaiki Struktur Kulit Berminyak

Baca juga:  Kesal Karena Rambut Rusak? Ini Cara Agar Rambut Anda Tetap Sehat

Gliserin dapat memperbaiki sekaligus melindungi kulit berminyak dengan cara mengisi lapisan matrix interselular atau jaringan ikat kulit. Dalam kondisi ini, kulit akan memiliki kemampuan untuk membentuk struktur yang lebih baik, sehingga kelembapan terjaga lebih lama. Selain itu struktur kulit yang tetap terjaga akan membuat Anda terhindar dari ancaman penuaan dini.

Mengontrol Kadar Air di Kulit

gliserin, untuk, wajah, manfaat, tubuh, menyerap, air, senyawa, gula, alkohol, produk, perawatan, sensasi, hangat, vegetable, glycerin, harga, ukuran, liter, 1, dokter, saran, kering, kelembapan

Ilustrasi: memakai lotion wajah mengaadung gliserin

Sifat humektan yang ada pada gliserin bekerja untuk menyerap air dan menahannya di kulit, sehingga hal ini akan membuat lapisan kulit tetap lembap serta terhindar dari ancaman dehidrasi. Saat diaplikasikan secara topikal, gliserin akan mengikat air dan menahannya dari penguapan. Kondisi ini akan membuat kulit tetap ternutrisi dan lembap lebih lama dibandingkan jika Anda tidak memanfaatkan skin care dengan kandungan gliserin. Bagi kulit berminyak, manfaat gliserin yang satu ini akan membuat penampilan kulit terlihat lembap dan Anda terbebas dari kilap wajah yang dapat mengganggu penampilan.

Melindungi Kulit Dari Efek Buruk Lingkungan

Baca juga:  Oriflame HairX Advanced NeoForce Shampoo, Produk Khusus Untuk Rambut Rontok

Gliserin memiliki kemampuan untuk menebalkan lapisan epidermis kulit yang sekaligus akan bantu mencegah berbagai ancaman bakteri dan efek buruk lingkungan seperti polutan, maupun efek buruk sinar matahari. Dengan kata lain Anda dapat terhindar dari ancaman flek hitam serta warna kulit tidak merata.

Mengurangi Keriput Dan Kulit Kendur

Gliserin mengandung anti-aging yang mampu menunda penuaan dini. Tambahkan air mawar pada gliserin. Kemudian aplikasikan ke wajah, terutama pada bagian yang mengalami kerutan.

Mengurangi Luka Bekas Jerawat

Jerawat yang dipencet terus menerus akan meninggalkan bekas luka. Gliserin bisa mengurangi bekas luka tersebut. Aplikasikan saja secara langsung pada luka jerawat. Gliserin dinilai cocok untuk semua jenis kulit karena tidak menimbulkan reaksi, bahkan untuk pemilik kulit sensitif.

Beberapa orang sudah pernah mencoba mengaplikasikan gliserin ke wajah. Salah satu produk yang dicoba adalah Vegetable Glycerin. Untuk harga, kemasan 1 liter seharga Rp 35 ribu. Anda bisa pula menambahkan produk citric acid 1 kg seharga 20 ribu.

Setelah menggunakan gliserin pada wajah, ada yang merasakan sensasi hangat menuju panas. Jika sensasi tersebut berlanjut hingga menimbulkan hal yang tidak diinginkan, bisa dihentikan pemakaiannya. Namun, sensasi tersebut tidak akan terasa jika Anda mengaplikasikannya ke bagian tubuh lain seperti kaki. Memang, gliserin tidak hanya bisa digunakan pada wajah, namun juga ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, produk yang mengandung gliserin untuk tubuh juga bisa Anda temukan di pasaran.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: