Apa Itu Computer Vision Syndrome? Bagaimana Cara Mencegahnya?

computer, vision, syndrome, sindrom, gangguan, mata, penggunaan, komputer, layar, mata, berkedip, jumlah, menit, masalah, CVS, penyakit, langkah, teknologi, kering, lelah, waktu, lama Aktivitas menggunakan komputer

Menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer, laptop, atau gadget bisa saja membuat Anda lelah. Keadaan itu bisa saja disebut Computer Vision Syndrome (CVS). Apa itu CVS? Anda bisa melihat uraiannya berikut ini.

Apa Itu Computer Vision Syndrome?

Dalam dunia kedokteran, istilah sindrom digunakan untuk menggambarkan sekelompok fitur seperti , temuan pemeriksaan atau hasil tes cenderung terjadi bersamaan tetapi tanpa pemahaman cukup jelas tentang penyebabnya untuk dianggap sebagai tertentu.

Beberapa sindrom digambarkan sebagai bagian tubuh yang terlibat misalnya carpal tunnel syndrome (CTS). Sindrom tersebut seringkali tidak membutuhkan khusus karena kondisi tersebut bisa pulih dengan sendirinya dalam waktu beberapa bulan. Jika CTS memang memerlukan , maka penanganan yang dilakukan tergantung kepada tingkat keparahan dan berapa lama Anda sudah menderita kondisi tersebut.

Sementara sindrom lainnya diberi nama penderitanya, seperti down syndrome yang merupakan kelainan genetik yang dinamai untuk dokter di Inggris, Dr. John Langdon Down pada tahun 1862. Sindrom lainnya diberi nama karena masalah yang ditimbulkan. Sebagai contoh, restless leg syndrome (RLS). Apabila Anda melihat orang dengan kondisi tertentu, mungkin langsung bisa mengetahui kalau itu penderita RLS. Namun, dalam banyak kasus, perbedaan antara mengenali kondisi sindrom dan menggambarkan sekelompok gejala lebih banyak tentang bahasa daripada berkaitan dengan bahasa atau kedokteran.

Untuk Computer Vision Syndrome (CVS), itu merupakan kondisi sindrom gangguan mata akibat penggunaan komputer adalah rasa pegal pada mata yang Anda rasakan bila menggunakan komputer untuk waktu yang lama. Siapapun yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer bisa merasakan efek pemakaian komputer atau produk berteknologi digital lain dalam waktu yang lama. Gejala ini bersifat sementara, dan biasanya hilang sendiri.

Ketegangan Mata? Atau Computer Vision Syndrome?

computer, vision, syndrome, sindrom, gangguan, mata, penggunaan, komputer, layar, mata, berkedip, jumlah, menit, masalah, CVS, penyakit, langkah, teknologi, kering, lelah, waktu, lama

Kelelahan akibat terlalu lama di depan layar komputer

Kamus mungkin mencantumkan lebih dari 600 kondisi yang disebut dengan sindrom. Ada laporan yang mempublikasikan adanya sindrom baru, yaitu Computer Vision Syndrome. Kondisi tersebut semakin dikenali dengan orang yang bekerja lama di depan komputer di mana mereka mungkin memiliki masalah mata termasuk , pandangan kabur, ganda, dan merasakan sensasi terbakar pada mata. Gejala-gejala tersebut mungkin cukup parah jika Anda lanjutkan bekerja di depan komputer.

Apakah Sindrom CVS Merupakan Masalah Kesehatan Utama?

Peneliti melaporkan adanya 70 juta orang di seluruh dunia berisiko terkena CVS. Dan, jumlah tersebut mungkin saja bertambah, mengingat banyaknya siswa dan karyawan bergantung kepada komputer selama berjam-jam setiap hari.

Menurut peneliti, 90 persen orang yang menggunakan komputer untuk waktu lama mengalami gejala-gejala CVS. Dan, itu tidak termasuk masalah kesehatan lainnya yang terkait dengan penggunaan komputer, termasuk sakit punggung, leher, bahu, sindrom carpal tunnel, dan sakit kepala. Berbarengan dengan itu, cukup untuk Anda berhati-hati dalam penggunaan komputer terhadap kesehatan.

Mengapa Masalah Kesehatan Mata Umumnya Terkait Dengan Pemakaian Komputer?

Para penulis penelitian menjelaskan tentang CVS, di antaranya teks dan gambar pada layar komputer terbuat dari piksel dengan tepi buram. Mata harus bekerja untuk lebih fokus kepada gambar pada komputer dibandingkan teks dan gambar yang sudah dicetak. Melihat teks dan gambar pada komputer bisa menyebabkan ketegangan mata.

Berkurangnya kedipan mata bisa menjadi masalah kesehatan juga. Orang-orang cenderung berkedip lebih sedikit ketika bekerja di depan komputer. Normalnya, orang berkedip 17 kali dalam satu menit. Bagi mereka yang bekerja di depan komputer, jumlah kedipan menjadi 12-15 kali dalam satu menit. Berkurangnya jumlah kedipan bisa menyebabkan mata kering.

Apa Yang Harus Dilakukan?

computer, vision, syndrome, sindrom, gangguan, mata, penggunaan, komputer, layar, mata, berkedip, jumlah, menit, masalah, CVS, penyakit, langkah, teknologi, kering, lelah, waktu, lama

Ilustrasi: mata menatap layar komputer (sumber: glenmorevisioncenter.com)

Ada sejumlah cara untuk memerangi sindrom CVS, di antaranya:

  • Jaga Jarak Dengan Komputer.  Idealnya, jarak Anda dengan layar komputer adalah dua meter dari pandangan. Posisikan monitor dengan baik. Para ahli merekomendasikan bahwa pusat layar komputer seharusnya 4 hingga 8 inci lebih rendah dari pandangan mata Anda. Melihat ke bawah sambil bekerja di depan komputer itu berarti mata menjadi kurang terbuka (tidak terbuka lebar) dan itu mengurangi risiko mata menjadi kering.
  • Optimalkan Kontras. Teks hitam pada layar putih terang itu menjadi yang terbaik.
  • Meminimalkan Cahaya/Brightness. Meredupkan cahaya, menggunakan monitor layar datar anti silau, atau memakai kacamata khusus itu bisa membantu mengurangi risiko mata lelah.
  • Istirahat. Cobalah aturan 20-20-20, contohnya Anda bisa mengambil waktu istirahat 20 detik dan berfokus kepada benda lain yang berjarak 20 kaki jauhnya dari Anda. Sambil melakukan itu, Anda bisa meregangkan bahu dan leher.
  • Atasi Kekeringan Mata. Berkediplah lebih sering, dan Anda bisa menggunakan tetes mata (jika perlu). Menghindari udara dan menggunakan kompres mata bisa membantu mengurangi risiko mata menjadi kering.
  • Mengubah Ukuran Font. Anda bisa menggunakan ukuran font lebih besar untuk membuat teks lebih mudah terlihat atau terbaca.

Memeriksa Mata Setidaknya Sekali Setahun. Sebagian besar orang ‘menyiksa’ mata saat menggunakan komputer karena kacamata atau lensa kontak mereka sudah waktunya diganti. Ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter mata jika memang sudah seharusnya mengganti kacamata atau lensa kontak (). Bifokal atau lensa progresif dapat membuat perbedaan besar, terutama jika Anda banyak bergerak antara layar komputer dan gambar atau teks yang dicetak.

Apa Upaya Lain Yang Bisa Dilakukan?

CVS merupakan ancaman terkait dengan teknologi terbaru terhadap kesehatan, tetapi sindrom baru biasanya berhubungan dengan perubahan tentang bagaimana Anda bekerja dan bermain. Hal itu terlihat mulai dari kondisi yang disebut dengan ‘Blackberry Thumb’ pada tahun 2005, ketika mengirim pesan melalui perangkat nirkabel baru menjadi sesuatu yang umum. Kondisi itu mengingatkan Anda kepada perubahan karena teknologi, dan tidak sadar jika ada dampak kesehatan yang mungkin tidak bisa dihindari.

Dan, apakah itu Anda menganggapnya sebagai penyakit atau sindrom baru, atau hanya menjadi bagian dari pekerjaan yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer, hal penting dari kondisi itu adalah mengenali masalah yang dijelaskan oleh sindrom CVS dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah sindrom tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: