Kenapa Kita Tidak Dianjurkan Melakukan Lash Lift Sendiri?

Bulu mata lentikBulu mata lentik

Di era millennium seperti saat ini, pastinya Anda sudah sangat familiar dengan istilah lash lift, bukan? Ini adalah salah satu metode kecantikan yang berfokus pada bulu mata dan digemari banyak wanita. Karena biaya lash lifting di salon terbilang tidak murah, banyak orang yang akhirnya melakukannya sendiri di rumah. Padahal, hal ini cenderung ilegal dan tidak diperbolehkan.

Cara Melakukan Lash Lift

Banyak yang bilang, penampilan akan lebih menarik jika kita memiliki bulu mata yang lentik dan tebal. Bulu mata sendiri adalah bagian dari kelopak mata yang berfungsi untuk melindungi dari debu, keringat, dan air dari dahi agar tidak masuk ke mata. Kondisi bulu mata setiap orang umumnya berbeda-beda. Ada orang yang memiliki bulu mata tebal, panjang, dan ada juga yang memiliki bulu mata tebal dan tipis.[1]

Bagi sebagian besar wanita yang kurang percaya diri dengan bentuk dan ketebalan bulu matanya, biasanya akan melakukan perawatan. Nah, salah satu perawatan bulu mata yang sedang tren di kalangan wanita modern saat ini adalah lash lift.

Lash lift sendiri Lash lift adalah sebuah teknik khusus yang digunakan untuk membuat bulu mata tampak lebih tebal, panjang, dan lentik. Teknik ini menggunakan cairan khusus untuk membuat bulu mata menjadi terangkat ke atas. Sehingga, dalam teknik tersebut, Anda tidak perlu menggunakan lem bulu mata dan bulu mata palsu.

Baca juga:  Merek Bedak Yang Dianggap Cocok Untuk Usia Remaja 14 Tahun

Dilansir dari allure, untuk melakukan lash lift, bulu mata harus disterilkan terlebih dahulu. Pihak salon akan membersihkan bulu mata Anda menggunakan cairan khusus sambil menempelkan bantalan silikon di bagian kelopak mata Anda. Anda tidak perlu khawatir, karena prosesnya tidak membahayakan dan bantalan silikon yang digunakan juga sudah disterilkan, sehingga aman untuk mata.

Bulu mata yang sudah diganjal dengan silikon akan disisir dan dirapikan. Setelah itu, bulu mata diolesi dengan keratin agar efek lentik dan panjangnya bertahan lama. Karena harus diolesi secara perlahan dan berlapis-lapis, maka proses pengerjaan lift lash biasanya akan memakan waktu hingga satu jam. Ini juga tergantung dari ukuran dan ketebalan masing-masing bulu mata.

Perlu Anda ketahui bahwa metode pelentikan bulu mata ini tidak permanen. Lash lift dapat bertahan selama 1 hingga 2 bulan. Semakin lama proses pengaplikasian keratin pada bulu mata, maka daya tahan lash lift akan semakin lama. Bagi Anda yang ingin memiliki bulu mata lentik dan panjang secara permanen, dengan menggunakan lash lift, maka Anda harus melakukannya secara berkala.

Prosedur lash lifting (sumber: melyebeauty.com)

Prosedur lash lifting (sumber: melyebeauty.com)

Lash Lift Tidak Bisa Dilakukan Sendiri

Setelah melakukan lash lift, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Meskipun lash lift adalah metode yang aman dan diklaim cocok untuk Anda yang memiliki banyak aktivitas dan sering mengucek mata, sebaiknya Anda membatasi aktivitas tersebut. Selain itu, selama 24 jam setelah melakukan lash lift, Anda juga tidak boleh mencuci muka.

Baca juga:  Efek Samping Pil KB Andalan dan Cara Mengatasinya

Hindari berbagai macam aktivitas yang dapat membuat bulu mata menjadi basah. Anda juga tidak disarankan untuk menggunakan produk kosmetik mata, seperti eye shadow, eyeliner, dan mascara. Anda baru boleh memakai produk kecantikan mata setelah memberi jeda 24 jam atau 2 hari setelah melakukan lash lift.

Karena harga lash lift di salon terbilang mahal, akhirnya tidak sedikit wanita yang membeli produk kit atau paket lash lift dan memasangnya sendiri di rumah tanpa tahu akibatnya. Perlu Anda ketahui, lash lift bukanlah jenis perawatan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Selain termasuk tindakan ilegal, hal ini juga bisa membahayakan kesehatan Anda.

Untuk melakukan lash lift, tentunya Anda harus pergi ke salon. Hal ini karena Anda membutuhkan orang yang benar-benar mengerti dengan cara dan metode untuk melakukan lash lift. Perlu Anda ketahui juga, orang yang melakukan praktik lash lift adalah orang yang sudah diuji kompetensinya. Para ahli kecantikan yang melakukan lash lift harus memiliki sertifikat terkait dengan profesionalitasnya.

Baca juga:  Bagaimana Cara Memilih Produk Kosmetik untuk Usia 40 Tahun?

Selain itu, pemakaian serum atau keratin yang kurang tepat bisa menimbulkan masalah kesehatan dan kecantikan. Biasanya, ini akan menimbulkan gejala iritasi pada mata, seperti mata berair, perih, merah, bengkak, hingga gatal. Jika sudah begini, mau tidak mau, Anda harus segera berobat ke dokter.

[1] Koestanto, Arum Dwi. 2019. Kelayakan Bulu Mata Palsu Berbahan Dasar Limbah Sabut Kelapa untuk Tata Rias. Teknobunga, Vol. 7(1): 16-21.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: