Apa Saja yang Diketahui Ahli Pedikur dari Kaki Anda?

Ilustrasi: ahli pedicure (sumber: freepik)Ilustrasi: ahli pedicure (sumber: freepik)

Pedikur adalah perawatan untuk kaki dengan tata cara standar mirip menikur, yakni memotong, membersihkan, mengikir, dan mengecat kuku. Ada juga yang menambahkan teknik menghias kuku supaya lebih indah.[1] Di sisi lain, selain melakukan teknik pedikur, ahli pedikur profesional akan mengetahui beberapa hal dari bentuk kaki Anda, mulai dari pekerjaan, penyakit, hingga ukuran sepatu.

Tidak Perlu Malu Menunjukkan Kaki Anda

Sementara banyak yang ingin mencoba kenyamanan dalam layanan pedikur, tak sedikit orang yang merasa ragu. Beberapa di antaranya justru malu memperlihatkan kaki mereka pada ahli pedikur. Itu terkait dengan kondisi kaki yang kurang sehat atau bentuk yang kurang ideal.

“Ada begitu banyak orang yang meminta maaf atas kondisi kaki mereka saat menelepon untuk membuat janji,” kata ahli pedikur Erin Beckett-Gland. “Mereka malu dan memperingatkan saya bahwa kaki mereka terlihat mengerikan. Namun, itulah mengapa saya di sini, untuk membantu mereka memiliki kaki sehat yang dapat mereka tampilkan dengan percaya diri saat memakai sandal.”

Anda tidak perlu ragu, khawatir, atau malu saat melakukan pedikur pertama kali. Bahkan jika kaki Anda terlihat kurang ideal, Anda perlu ingat bahwa para profesional tidak melihat keburukan di kaki Anda.

Baca juga:  Kurang Percaya Diri Gara-gara Gusi Hitam? Ini Cara Alami Memerahkan Gusi

“Sejujurnya, ada banyak hal buruk yang dapat terjadi pada kaki Anda, dan Anda tidak perlu merasa malu sedikit pun,” kata ahli penyakit kaki Brad Schaeffer. “Setiap orang memiliki masalah kaki, dan kebanyakan dari masalah ini mudah diobati dengan perawatan yang tepat.”

Apa yang Tercermin di Kaki Anda?

“Kaki sering bercerita. Saya bisa tahu ketika seseorang memakai sepatu terlalu kecil untuk mereka dari cara kuku kaki mereka terbelah atau jari kaki mereka melengkung menjadi jari kaki palu atau jari kaki cakar,” kata Beckett-Gland. “Saya juga bisa tahu kapan mereka terlalu banyak memutar kaki ke dalam, atau membutuhkan penyangga lengkung karena mereka memiliki tanda-tanda bunion dan jempol kaki yang menyimpang.”

Ilustrasi: perawatan pedicure (sumber: balancecle.com)

Ilustrasi: perawatan pedicure (sumber: balancecle.com)

Bentuk kaki dan kondisi kesehatannya bisa dibilang adalah cermin dari sedikit gangguan kesehatan yang Anda alami. Tak hanya itu, kenyamanan saat beraktivitas juga bisa dilihat dari kaki.

“Kapalan yang sangat menebal adalah tanda titik tekanan abnormal pada kaki atau jari kaki,” kata Ahli penyakit kaki Robert Spalding. “Salah satu hal pertama yang saya lakukan adalah memeriksa sepatu yang dikenakan seseorang saat bertemu. Saya mencocokkan kaki dengan sepatu, karena sepatu dapat memperburuk atau memperbaiki hampir 90% sebagian besar masalah kaki dan jari kaki.”

Baca juga:  Cara Membuat Yogurt untuk Masker Wajah dan Rambut

Anda bahkan mungkin memberikan beberapa petunjuk untuk profesi Anda selama pedikur. Aktivitas yang Anda lakukan selama bekerja bisa mengubah bentuk kaki.

“Kami ahli penyakit kaki memiliki basis pasien yang besar di antara mereka yang pekerjaannya membutuhkan banyak berdiri, seperti karyawan gudang, pembawa surat, dan karyawan restoran,” kata Spalding. “Saya akan melihat bentuk kaki mereka, karena semakin banyak tekanan yang diterapkan pada kaki, akan membuat kaki menjadi lebar dari waktu ke waktu.”

Profesional mungkin juga mendapatkan petunjuk tentang beberapa aktivitas Anda berdasarkan kaki Anda. Schaeffer mengatakan, ketika seseorang memiliki masalah jamur pada kakinya, mungkin ia sering berjalan-jalan di gym tanpa alas kaki atau memiliki pekerjaan di daerah lembap. Beberapa nelayan, pekerja pabrik, dan pedagang sayur kerap mengalaminya.

“Selain itu, seorang ahli pedikur profesional mampu menemukan masalah kesehatan hanya dengan melihat kuku kaki. Kuku dapat menjadi jendela kesehatan,” kata nail artist Vanessa Sanchez McCullough. “Terkadang kekhawatiran tentang masalah kaki juga dapat mengarah ke diagnosis yang serius.”

Baca juga:  Yulia Baltschun Profil: 5 Hal Menarik yang Perlu Kamu Tau

Scaeffer mengatakan, dirinya juga bisa merasakan kondisi kulit, denyut nadi, dan saraf kaki untuk mengetahui jenis penyakit tamunya. Diabetes menjadi salah satu masalah kesehatan paling umum yang dapat diketahui dari kaki. Tak heran jika beberapa konsumen biasanya akan menanyakan kondisi kesehatan mereka saat melakukan pedikur.

Nah, sebelum membuat janji dengan pedikur profesional, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Anda tidak perlu merawat kaki Anda supaya terlihat bagus saat melakukan pedikur. Anda juga tidak perlu mencukur bulu kaki, karena bisa menyebabkan infeksi. Memotong kuku kaki sebelum pedikur juga tidak disarankan, karena bisa mengurangi penilaian ahli pedikur tentang teknik apa yang harus mereka gunakan dalam merawat kaki Anda.

[1] Harjanti, Novita, dkk. 2009. Kosmetika Kuku: antara Keindahan dan Keamanan. Jurnal UNAIR Berkala Ilmu Kesehatan Kulit & Kelamin, Vol. 21(1): 56-61.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: