Efek Samping Kehamilan yang Mengejutkan, Bumil Perlu Tahu!

Hamil, wanita, ibu, hamil, kehamilan, gejala, efek, samping, mengejutkan, rasa, sakit, mual, morning sickness, varises, vulva, jerawat, proses, kelelahan, mengganggu, hormonal, hormon, cairan, keputihan, gas, kembung, progesteron, dokter, konsultasi, periksa, infeksi, trimester, Ibu-ibu hamil mencari udara segar

merupakan proses kehidupan yang begitu diidamkan . Apalagi bagi mereka yang telah menunggu masa dalam kurun waktu yang cukup lama. Namun, selain menyimpan keindahannya tersendiri, juga menimbulkan beberapa samping yang mengejutkan.

akan mengalami efek samping di tubuhnya. Tak hanya morning sickness, atau berat badan naik, ada hal-hal lainnya yang akan terjadi. Entah itu pada kehamilan pertama atau kelima, efek samping yang tak terduga akan menghampiri dan mau tak mau Anda harus siap menghadapinya seperti dilansir WebMD berikut ini.

Kelelahan

Sudah umum bagi wanita di trimester pertama mereka untuk tidur 10-12 jam di malam hari dan masih merasa seperti mereka perlu tidur siang di keesokan harinya. Tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk mengobati kelelahan selain mengambil vitamin, minum banyak air, dan beristirahat ketika Anda bisa. Namun, bersabarlah, energi Anda kembali pada trimester kedua.

Varises Vena di Vulva

Varises mungkin saja muncul di betis kita sebagai efek samping dari kehamilan. Tetapi apa yang kebanyakan wanita tidak sadari adalah bahwa Anda bisa mendapatkan varises di tempat lain selama kehamilan, termasuk vulva. Varises vulva terlihat seperti benjolan berwarna ungu. Varises vulva sering membengkak sepanjang hari dan dapat menyebabkan vulva meningkat 2-3 kali ukuran normalnya.

Kabar baiknya adalah bahwa varises vena di vulva tidak menjadi sebuah masalah yang besar dan biasanya mendapatkan postpartum yang lebih baik, namun kabar buruknya adalah varises sulit diobati selama kehamilan. Ibu hamil disarankan untuk menggunakan pakaian dalam kompresi pada siang hari dan kemudian menerapkan kompres es ke vulva di malam hari. Kacang polong beku dapat menjadi paket es yang bagus atau Anda dapat membuat gel beku sendiri dengan membekukan Dawn Ultra Dish Soap (tanpa parfum) dalam kantong Ziplock. Ini berfungsi dengan baik karena Anda dapat menggunakannya kembali dan membentuknya sesuai dengan bentuk yang Anda butuhkan.

Hamil, wanita, ibu, hamil, kehamilan, gejala, efek, samping, mengejutkan, rasa, sakit, mual, morning sickness, varises, vulva, jerawat, proses, kelelahan, mengganggu, hormonal, hormon, cairan, keputihan, gas, kembung, progesteron, dokter, konsultasi, periksa, infeksi, trimester,

Ilustrasi gangguan pada organ genital

Cairan di

Jangan kaget jika cairan vagina atau keputihan Anda akan keluar lebih banyak. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah hormon estrogen yang diproduksi oleh tubuh serta peredaran darah yang ada di dalam vagina. Ini adalah salah satu efek samping kehamilan.

Leher Anda (bagian bawah Anda) terletak di bagian atas vagina Anda dan menghasilkan sebagian besar cairan vagina Anda (cairan). Dalam kehamilan, aliran darah ke dan leher Anda meningkat sebanyak 3 kali lipat. Serviks Anda sangat sensitif terhadap perubahan kehamilan. Kombinasi ini dapat menyebabkan serviks untuk menghasilkan pelepasan secara signifikan lebih banyak pada kehamilan.

Dalam beberapa kasus, cairan yang keluar begitu banyak sehingga wanita perlu memakai pad. Kelembaban yang meningkat dari cairan dapat mempengaruhi wanita untuk infeksi ragi dan bakteri pada kehamilan. Jika Anda khawatir, Anda dapat memeriksakan dokter Anda untuk memastikan semuanya .

Kram Kaki

Seakan bengkak, perut kembung, dan kencing konstan yang membuat Anda tidak cukup istirahat, kram kaki kadang-kadang bisa menyebabkan malam tanpa tidur yang menyedihkan selama trimester ketiga yang tampaknya tak berujung. Untuk menenangkan kejang betis Anda, tetap terhidrasi, pijat kaki, dan peregangan sebelum tidur. Anda mungkin juga ingin mencoba makan pisang sebelum tidur atau mengonsumsi suplemen magnesium untuk mengendurkan otot-otot Anda.

Wanita hamil sering berjerawat karena hormon yang mendorong tubuh membuat lebih banyak sebum atau zat berminyak yang diproduksi kulit. Kelebihan sebum ini, dikombinasikan dengan sel-sel kulit yang melapisi folikel rambut dan menutup pori-pori.

Bakteri bisa berkembang biak dengan cepat saat hamil, jerawat juga bisa tumbuh di lokasi yang tak biasa selain wajah seperti di kaki. Belum ada cara yang pasti mencegah jerawat selama kehamilan. Namun untuk membantu mengurangi masalah, Anda bisa menjaga kebersihan kulit, tepuk-tepuk kulit kering bukan menggosoknya, dan jangan memencet jerawat.

Hamil, wanita, ibu, hamil, kehamilan, gejala, efek, samping, mengejutkan, rasa, sakit, mual, morning sickness, varises, vulva, jerawat, proses, kelelahan, mengganggu, hormonal, hormon, cairan, keputihan, gas, kembung, progesteron, dokter, konsultasi, periksa, infeksi, trimester,

Sebaiknya hindari memencet jerawat

Gas dan kembung

Kondisi ini tentu sangat tidak nyaman dan terkadang memalukan. Hal ini disebabkan oleh hormon progesteron yang menyebabkan jaringan otot polos dalam tubuh Anda termasuk saluran pernapasan menjadi lebih rileks.

Efeknya adalah pencernaan menjadi lambat yang memungkinkan lebih banyak nutrisi masuk ke dalam bayi Anda. Namun, hal itu juga menghasilkan banyak gas. Sering kentut menjadi efek samping kehamilan yang Anda akan sering rasakan.

Perut gatal

Bagian tubuh yang gatal cukup umum dialami oleh ibu hamil. Iritasi ini disebabkan peregangan kulit Anda selama kehamilan. Namun banyak ahli juga yang mengatakan hormon berperan membuat perut Anda menjadi gatal.
Meskipun ini tidak berbahaya, namun gatal akan cukup mengganggu untuk Anda. Untuk gatal sehari-hari, para ahli merekomendasikan untuk menghindari panas dan mengolesinya dengan pelembab.

Kehamilan Baru Berarti Baru

Tidak masalah Anda hamil anak pertama, kedua, atau seterusnya, salah satu efek samping kehamilan di bawah ini pasti akan dirasakan saat Anda hamil. Efek samping yang mengejutkan ini akan menghampiri Anda dalam kondisi siap tidak siap.

Sama seperti anak-anak Anda sendiri, kehamilan Anda bisa sangat berbeda. Meskipun kehamilan berisiko rendah pertama kalinya meningkatkan peluang Anda untuk memiliki kehamilan yang sehat pada waktu berikutnya juga, itu tidak menjamin bahwa gejala kehamilan Anda akan tetap sama.

Kebanyakan wanita, apakah efek samping kehamilan mereka hanya sedikit mengganggu atau sumber kesengsaraan yang terus-menerus, biasanya melupakan semua rasa sakit, nyeri, dan vena begitu mereka melihat si kecil untuk pertama kalinya. Jika Anda mengalami kehamilan yang penuh dengan kejutan yang tidak menyenangkan, bicarakan dengan dokter Anda tentang gejala-gejala Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: